Cara Menonaktifkan Asisten Google di Ponsel Android

Cara Menonaktifkan Asisten Google di Ponsel Android


Asisten Google selalu terdaftar di ponsel Android Anda. Berikut cara menghentikannya.

Ternyata peretas memata-matai Anda melalui kamera laptop atau virus ponsel seharusnya bukan satu-satunya ketakutan teknologi Anda. Jika Anda memiliki ponsel Android, kemungkinan besar, Anda mungkin menggunakan Asisten Google untuk menyetel alarm atau menanyakan cuaca. Ternyata, Asisten Google mungkin merekam suara Anda, bahkan saat Anda tidak memintanya melakukan apa pun, itulah sebabnya Anda ingin tahu cara mematikan Asisten Google di ponsel Android Anda.

Asisten Google selalu mendengarkan. “Agar siap untuk mengaktifkan dirinya sendiri saat Anda mengucapkan kata bangun, asisten suara mana pun harus terus-menerus memanfaatkan mikrofonnya untuk mendengarkan secara pasif lingkungannya. Ini menciptakan potensi Asisten Google, Siri, Cortana, Alexa, atau asisten suara lainnya, untuk mendengarkan database kata-kata pemicu lain yang menarik bagi perusahaan untuk tujuan pemasaran, ”kata Ray Walsh, pakar privasi digital di ProPrivacy.

Yang mengkhawatirkan adalah, byte suara kecil itu tidak hilang begitu saja, Google menyimpannya. Tidak mengherankan, Google mengetahui 14 hal menyeramkan tentang Anda ini, hanya dari menggunakan layanannya, itulah sebabnya lebih baik berhati-hati. Berikut cara mematikan Asisten Google dan beberapa tindakan keamanan lainnya yang dapat Anda lakukan agar merasa lebih aman.

Cara menonaktifkan Asisten Google

Sebelum Anda menonaktifkan Asisten Google, Anda mungkin ingin menghapus riwayat rekaman Anda. Anda dapat dengan mudah melihat apa yang telah direkam Google dengan membuka Aktivitas Google Saya. Untuk menghapus riwayat Google Anda, klik "Hapus Aktivitas Dengan" di menu utama dan pilih "Sepanjang Waktu" dari daftar. Kemudian, klik "Berikutnya" dan "Hapus." Google tidak menentukan apakah itu menyimpan rekaman untuk dirinya sendiri setelah Anda menghapusnya dari umpan aktivitas Anda, jadi tidak ada jaminan bahwa rekaman itu akan hilang selamanya, jadi ingatlah itu.

Setelah selesai, mematikan Google Assistant hanya membutuhkan waktu satu menit. Gunakan langkah-langkah ini:

  1. Ketuk ikon Anda di bagian atas layar (ikon biasanya adalah foto Anda).
  2. Pilih setelan Asisten.
  3. Ketuk "Umum."
  4. Matikan sakelar di sebelah "Asisten Google."

Untuk menggunakan perintah suara:

  1. Ucapkan, "Hai (atau Oke) Google, buka Pengaturan Asisten."
  2. Pilih "Umum."
  3. Matikan sakelar di sebelah "Asisten Google."

Setelah Anda mematikan Asisten Google, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Asisten Anda tidak akan lagi merespons saat Anda mengucapkan "Hai Google". Ketuk "Matikan" untuk menyelesaikan proses. Tahukah Anda bahwa Google juga dapat melacak lokasi ponsel Anda? Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, berikut cara mematikan layanan lokasi di Android.

Cara mematikan "Oke Google"

Jika Anda suka menggunakan Google Assistant, tetapi Anda tidak ingin mendengarkannya, Anda dapat mematikan fitur suara di ponsel Anda dan cukup gunakan input keyboard.

Untuk melakukan ini, buka layar yang sama yang digunakan untuk mematikan Google Assistant, tetapi alih-alih beralih, ketuk "Output Pilihan." Selanjutnya, ketuk “Keyboard.”

Sekarang, Anda harus menggunakan aplikasi Asisten untuk mengakses Asisten Google. Kemudian, cukup ketik perintah Anda dalam pencarian atau pilih perintah sebelumnya dari daftar.

“Namun, harap diingat bahwa hanya karena Asisten Google dinonaktifkan dari bangun ketika mendengar kata bangun tidak berarti bahwa Google telah berhenti memanfaatkan mikrofon Anda untuk memata-matai Anda,” kata Walsh. “Perangkat masih dapat mendengarkan kata bangun dan kata pemicu lainnya yang telah diprogram untuk ditunggu, tanpa mengaktifkan fitur Asisten.” Jika Anda mencurigai ada yang salah dengan Asisten Google ponsel Anda, cari spyware dan pelajari cara menghapus spyware di ponsel Android. Bahkan jika spyware tidak menyebabkan masalah, itu masih merupakan taktik keamanan yang baik untuk diketahui untuk perangkat Anda.

Cara mematikan kemampuan mendengarkan Google

Untuk perlindungan lebih lanjut, Anda dapat mencegah Google Penelusuran dan aplikasi Google lainnya mendengarkan Anda melalui pengaturan di ponsel Anda. Ikuti langkah ini:

  1. Buka "Pengaturan" di ponsel Anda.
  2. Ketuk "Google" dan "Layanan Akun."
  3. Ketuk “Pencocokan Suara”.
  4. Matikan tombol di sebelah "Hai Google".

Beberapa ponsel memiliki opsi mengemudi terpisah yang memungkinkan Google mendengarkan perintah saat Anda mengemudi, yang disebut Google Mendengarkan. Untuk menonaktifkannya, pada layar yang sama jika Anda melihat "Pengaturan Mengemudi" matikan "Saat Mengemudi" dengan menggesek tombol untuk mematikan opsi ini.

Cara menonaktifkan izin mikrofon Google

Ini adalah langkah terakhir dan ekstra hati-hati yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Google tidak memiliki akses ke mikrofon ponsel Anda. Berikut cara menonaktifkan izin mikrofon Google:

  1. Buka "Pengaturan" di ponsel Anda.
  2. Pilih "Aplikasi & Pemberitahuan."
  3. Dalam daftar aplikasi, gulir ke bawah dan pilih "Google."
  4. Ketuk "Izin" dan "Mikrofon."
  5. Pilih “Tolak.”

Ingat, jika Anda menyetel ulang pabrik Android, Anda mungkin harus melalui proses ini lagi, jadi catatlah sebelum Anda menyetel ulang. Selanjutnya, baca terus untuk mengetahui ancaman keamanan seluler teratas yang ingin Anda ketahui.

Post a Comment

Previous Post Next Post