2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail

 Saya tahu ini cukup mengganggu ketika Anda mencoba melampirkan folder di Gmail, tetapi isinya malah terbuka. Gmail tidak memiliki opsi untuk mengunggah folder sebagai lampiran, meskipun ada beberapa cara Anda dapat mengirim folder melalui Gmail. Dalam posting hari ini, saya akan membagikan dua cara untuk mengirim folder melalui Gmail dengan masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kompres dan kirim folder melalui Gmail

Gmail mendukung folder terkompresi, seperti Zip, RAR, dan 7z. Yang perlu Anda lakukan adalah mengompres isi folder dan kemudian melampirkan folder di Gmail. Berikut adalah beberapa alasan untuk membantu Anda memutuskan apakah metode ini baik untuk Anda atau tidak:

Kelebihan

  • Ini adalah metode tercepat untuk mengirim folder melalui Gmail.
  • Anda dapat dengan mudah mengirim beberapa folder sekaligus.
  • Layanan tambahan tidak diperlukan.

Kekurangan

  • Folder terkompresi harus berukuran di bawah 25 MB karena batas ukuran file Gmail. Jika tidak, itu akan dikirim sebagai tautan Google Drive.
  • Anda tidak dapat mengirim file yang dapat dieksekusi (.exe) karena Gmail memblokirnya.
  • Penerima harus membuka kompres folder sebelum melihatnya.

Kompres folder


Semua sistem operasi populer mampu mengompresi file dan folder. Untuk demonstrasi, saya akan menunjukkan cara mengompres folder di Windows. Jika Anda menggunakan Mac atau Linux, berikut adalah petunjuk untuk melakukannya di Mac OS X dan Linux.

  1. Klik kanan pada folder yang ingin Anda kompres.
  2. Arahkan kursor mouse Anda ke opsi "Kirim ke" dan pilih opsi "Kompres folder" darinya.
2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail


File Zip baru akan dibuat di lokasi yang sama dengan folder Anda di dalamnya. Anda juga dapat memilih beberapa folder dengan mengklik setiap folder sambil menahan tombol Ctrl dan kemudian ikuti proses di atas.
2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail



Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 7-Zip untuk mengompres folder. Dengan aplikasi pihak ketiga, Anda akan mendapatkan opsi kompresi yang lebih baik bersama dengan fitur tambahan, seperti enkripsi.

Kirim folder terkompresi melalui Gmail

Sekarang untuk mengirim folder melalui Gmail, buat email baru di Gmail dan klik tombol "Lampirkan file" di bagian bawah. Setelah itu, pilih folder Zip yang baru dibuat untuk dilampirkan di Gmail. Kecuali jika ada file yang dapat dieksekusi di folder tersebut, Anda seharusnya dapat mengirimkannya kepada siapa pun.

Dekompresi folder

Sistem operasi juga mampu mendekompresi folder tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Cukup buka folder Zip dan klik tombol "Ekstrak ke". Sekarang, pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file dan itu akan diekstraksi di sana dalam bentuk aslinya.
2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail

Gunakan Google Drive untuk Mengirim folder melalui Gmail


Gmail mungkin tidak mendukung unggahan folder secara langsung, tetapi Google Drive mendukungnya. Karena Google Drive, terintegrasi dengan Gmail, Anda dapat langsung mengirim email ke folder di Gmail menggunakan Google Drive. Di bawah ini adalah pro dan kontra dari metode ini:

Kelebihan


  • Anda dapat mengirim folder besar hingga 10GB menggunakan metode ini.
  • Semua jenis file di dalam folder dapat diterima, termasuk file yang dapat dieksekusi.
  • Penerima dapat melihat dan mengunduh konten folder tanpa mendekompresinya.

Kekurangan


Prosesnya memerlukan layanan online tambahan dan beberapa langkah tambahan, sehingga prosesnya agak lambat.
Penerima hanya dapat mengunduh folder jika disimpan di Google Drive pengirim.
Mengunggah dan mengirim banyak folder tidak nyaman.

Unggah folder ke Google Drive


Untuk mengirim folder melalui Gmail, Anda harus terlebih dahulu mengunggahnya ke akun Google Drive Anda. Untuk file biasa, Anda dapat melakukannya langsung dari jendela pesan penulisan Gmail. Namun, untuk folder, Anda harus mengunggah dari antarmuka web Google Drive. Begini caranya:

  1. Buka antarmuka web Google Drive dan masuk.
  2. Klik tombol "Baru" di sudut kiri atas dan pilih "Unggah Folder" darinya.
    2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail


  3. Sekarang pilih folder dari jendela explorer dan tekan "OK" untuk mengunggahnya. Anda hanya dapat memilih satu folder dalam satu waktu.
2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail

Anda dapat mengulangi proses di atas untuk mengunggah folder sebanyak yang Anda suka.

Kirim folder melalui Gmail menggunakan Google Drive


Setelah folder diunggah, ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Buka Gmail dan buka jendela penulisan. 
  2. Di sini klik tombol "Sisipkan file menggunakan Drive" di bagian bawah
    2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail


  3. Sekarang pilih folder yang ingin Anda kirim dan klik tombol "Sisipkan" di bagian bawah. Anda dapat menahan tombol Ctrl untuk memilih beberapa folder.
    2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail

Ini akan melampirkan folder di Gmail sebagai tautan Google Drive. Saat mengirim, Anda akan ditanya apakah hanya penerima yang dapat membuka folder atau siapa pun yang memiliki tautan dapat membukanya. Anda juga harus mengonfirmasi apakah Anda ingin membagikan folder (membuat folder Anda dapat diedit) atau hanya mengirimnya. Buat pilihan yang tepat, dan folder akan dikirim melalui Gmail.

2 Cara Melampirkan dan Mengirim Folder di Gmail


Tidak masalah apakah penerima adalah pengguna Gmail atau bukan, mereka akan dapat melihat dan mengunduh konten.

Saya pribadi menemukan metode pertama yang paling nyaman. Folder terkompresi berukuran lebih kecil dan juga sangat mudah untuk mengirim banyak folder tanpa kekacauan. Namun, jika Anda memiliki folder besar atau berisi file yang dapat dieksekusi, maka metode kedua pasti akan berhasil untuk Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengetahui cara lain untuk mengirim folder melalui Gmail, beri tahu kami di komentar.







Post a Comment

Previous Post Next Post