5 Cara Meningkatkan Keamanan Digital


 Internet telah menjadi tempat di mana orang tetap terhubung sepanjang waktu. Kita tidak dapat membayangkan hidup satu hari tanpa platform media sosial dan layanan online lainnya.

Secara keseluruhan, Internet membuat dunia menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Namun, ada masalah, seperti keamanan.

Bahkan jika Anda hanya menelusuri Facebook, Twitter, dan menonton video streaming, Anda masih perlu memikirkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi privasi Anda. Karena jika ada pelanggaran dalam keamanan Anda, privasi Anda mungkin berisiko.

Internet dipenuhi dengan penjahat dunia maya yang terlibat dalam doxing. Ini terjadi ketika pelaku mencuri informasi sensitif dari portal online seperti media sosial atau email dan membuat data ini tersedia untuk semua orang di Internet.

Phisher mendapatkan data sensitif seperti kata sandi atau informasi keuangan lainnya melalui tautan berbahaya yang mereka kirimkan melalui email. Ada langkah-langkah sederhana untuk melindungi diri Anda secara online.

Gunakan otentikasi yang aman

Pertama, gunakan otentikasi aman. Tidak hanya menggunakan kata sandi tetapi juga deteksi wajah dan sidik jari di samping kata sandi untuk mendapatkan akses ke perangkat Anda.

Hindari jaringan publik

Jangan gunakan Wi-Fi publik. Internet ada di mana-mana saat ini, dan Anda dapat terhubung ke layanan apa pun yang Anda butuhkan di mana pun Anda membutuhkannya. Penjahat dunia maya mungkin menggunakan jaringan publik untuk mengakses data pribadi Anda. Dan, karena sebagian besar transaksi dilakukan di perangkat seluler akhir-akhir ini, tidak aman menggunakan jaringan publik.

Selalu logout

Selalu logout, apa pun perangkat yang Anda gunakan, baik itu ponsel atau laptop. Dalam hal ini, jika Anda kehilangan ponsel, tidak ada yang bisa masuk ke aplikasi Anda.

Privasi media sosial

Periksa pengaturan privasi media sosial Anda. Anda bisa menjadi salah satu dari orang-orang yang membagikan terlalu banyak informasi pribadi di media sosial mereka. Misalnya, saat Anda menambahkan geotag ke foto Anda. Penjahat yang menggunakannya mungkin menemukan alamat Anda. Jangan memposting gambar pembelian Anda. Jika seseorang bisa mendapatkan akses ke perangkat Anda, dia bisa mendapatkan detail perbankan Anda.

Gunakan nomor telepon virtual alih-alih yang asli

Saat Anda mendaftar di beberapa layanan online seperti Facebook, Anda membagikan informasi pribadi Anda dengan perusahaan online. Tetapi alih-alih menulis melalui nomor telepon pribadi Anda, gunakan nomor virtual gratis untuk SMS.

OnlineSIM menawarkan nomor telepon virtual dari negara mana pun di dunia. Anda dapat mendaftarkan halaman Facebook atau Instagram lain melalui nomor-nomor ini. Saat Anda membeli telepon virtual, Anda dapat menerima nomor SMS tanpa batas selama periode waktu total. Anda juga dapat menguji nomor telepon virtual menggunakan nomor sekali pakai gratis.

Post a Comment

Previous Post Next Post